MEDIA PEMBELAJARAN PAI: SILABUS PEMBELAJARAN Tematik DENGAN TEMA : Diri Sendiri


MEDIA PEMBELAJARAN PAI: SILABUS PEMBELAJARAN Tematik DENGAN TEMA : Diri Sendiri.

PERANGKAT PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN Tematik

DENGAN TEMA : Diri Sendiri

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

 

Mata Pelajaran             : Tematik

Satuan Pendidikan    : SD/MI

Kelas/Semester       : I / 1

Nama Guru                     : Laly Binti Raeling

NIP/NIK                            : Sedang diproses

Sekolah                             : SDN Antah Berantah

Standar

Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian Materi

Kegiatan Belajar

Indikator  Pencapaian Kompetensi 

Penilaian

Alokasi  Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

1. IPS :

Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

 

  • Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.

 

 

  • identitas diri , keluarga, dan kerabat.
 

  • Mengenal nama lengkap dan  nama panggilan
  • Menyebutkan nama lengkap orang tua
  • Menunjukkan alamat tempat  tinggal
  • Menyebutkan jumlah anggota  keluarga yang tinggal dalam  satu rumah
 

  • Menyebutkan nama  lengkap dan panggilan besreta usia.
  • Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
  • Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.

 

 

Lisan

Tertulis

 

3 minggu

 

Buku Tematik

Pengembangan

Guru

2. IPA  : 

Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara                           perawatannya.

 

  • Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

 

 

  • bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

 

 

  • Menyebutkan bagian-bagian  tubuh manusia
  • Menjelaskan kegunaan dan  bagian-bagian tubuh manusia
  • Menjelaskan cara merawat bagian-bagian tubuh kita
 

  • Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
  • Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
  • Menunjukkan cara merewat tubuh.
  • Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.

 

 

Lisan

 

 

 

 
3. PKN   :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.  

  • Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

 

 

  • hidup rukun dalam perbedaan.
 

  • Mengidentifikasi jenis kelamin
  • Menyebutkan perbedaan  jenis kelamin
 

  • Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
  • Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
  • Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
 

Portofolio

   
4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.  

  • Membilang banyak benda .
  • Mengurutkan banyak benda
 

  • Oprasi hitung
 

  • Mengenali angka
  • Menghitung banyak benda
  • Mengenal lambang bilangan
  • Membaca lambang bilangan
  • Menulis nama bilangan
 

  • Menyebutkan banyak benda.
  • Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
  • Membaca dan menulis lambing bilangan.
  • Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
  • Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
  • Membilang loncat 2, 3, dan 4
 

Lisan

Tertulis

   
5. Bahasa Indonesia 

Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.

Berbicara         :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.

Membaca         :  Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.

Menulis            :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

 

 

  • Membedakan bunyi bahasa.
  • Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
  • Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
  • Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

 

 

  • Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
  • Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
  • Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
 

  • Menyebutkan data diri dengan  kalimat sederhana
  • Menyebutkan nama lengkap orang tua
  • Menyebutkan nama lengkap saudara kandung
  • Menjiplak gambar
  • Menjiplak huruf
  • Menebalkan gambar
  • Menebalkan huruf
 

  • Mencocokkan gambar dengan informasi.
  • Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
  • Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
  • Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
  • Menyebutkan warbna, bentuk dan permukaan benda.
  • Menyebutkan nama anggota
 

Lisan

Tertulis

Perbuatan

   
6. Seni Budaya dan Keterampilan  :

Mengapresiasi karya seni rupa.

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.

 

 

  • Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
  • Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..
 

 

  • Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
  • Membuat karya kerajinan .
 

 

  • unsur rupa pada benda alam sekitar.
  • diri melalui teknik menggunting / menyobek..
 

 

  • Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
  • Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.
 

 

Lisan

Tertulis

Perbuatan

 

 
v      Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Toleransi ( Tolerance )

Percaya diri ( Confidence )

Keberanian ( Bravery )

     
Mengetahui

Kepala Sekolah SD/MI ……

 

 

 

(Fulan Bin Fulan)

NIP/NIK :

  ………., …………20…

Guru Tematik Kelas  I

 

 

 

(Laly Binti Raeling)

NIP/NIK :

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s