MEDIA PEMBELAJARAN PAI: RPP_KLS1-SMS1_TEMA_diri-sendiri_Pertemuan1


MEDIA PEMBELAJARAN PAI: RPP_KLS1-SMS1_TEMA_diri-sendiri_Pertemuan1.

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA
KELAS/SEMESTER
ALOKASI WAKTU
MATA PELAJARAN YANG DI TEMATIKAN
:
:
:
:
DIRI SENDIRI
SATU (1) / SATU (1)
14 HARI (2 MINGGU)
B.IND, MAT, IPA, IPS, DAN SBK
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 16 JP @ 2 JP
PERTEMUAN I
I.                   STANDAR KOMPETENSI DASAR
·         MENDENGARKAN
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan  dongeng yang dilisankan
·         BERBICARA
Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,  dan deklamasi  
II.                KOMPETENSI DASAR
Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
III.             INDIKATOR
Siswa dapat Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita ”masuk sekolah” setelah guru membacakannya
Siswa dapat menceritkan kegiatannya di awal sekolah kepada teman sebangkunya dengan kalimat sederhana
IV.             LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
·   KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.      Doa bersama dan mengucapkan salam (jika diawal pembelajaran)
2.      Siswa berkenalan dengan guru kelas
3.      Siswa bernyanyi sambil tepuk tangan dan derap kaki menyanyikan “aku seorang kapiten”
·   KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.      Siswa mendengarkan cerita “masuk sekolah”
2.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru seputar cerita
3.      siswa mendengarkan aktifitas “didi dan temannya” selama di sekolah baru
·   KEGIATAN AKHIR
1.      Siswa  diminta untuk menceriterakan aktifitasnya selama di sekolah kepada teman sebangkunya.
Cat: selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak
V.                SUMBER DAN MEDIA
Sumber
Media
:
:
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta.
Karli, Hilda,dkk.(2007). Panduan Buku Tematik 1A dan Buku kerja Tematik untuk  Bahasa Indonesia jilid 1A. Jakarta: Erlangga
Alat dan benda di sekitar
VI.              PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan
Metode
:
:
Tematik
Bermain, diskusi kelompok
VI.             PENILAIAN
1.            Penilaian secara lisan (bercerita)
“BERCERITA”
Nilai 9
Nilai 8
Nilai 7
Nilai 6
Nilai 5
:
:
:
:

:
Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat yang jelas dan dipahami
Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat yang kurang jelas dan dipahami
Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat yang  jelas dan tidak dipahami
Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat tidak jelas yang jelas dan tidak dipahami
Tidak mau menceriterakan sesuatu apapun
2.      Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9
Nilai 8
Nilai 7
Nilai 6
Nilai 5
:
:
:
:
:
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan  bantuan dari pihak luar
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
Banyuasin,                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah
_____________________
Guru Kelas,                   
____________________
THEMATIC LEARNING PLANS
THE THEME OF
CLASS/SEMESTER
THE ALLOCATION OF TIME
THE SUBJECTS ON TEMATIKAN
:
:
:
:
YOURSELF
One (1)/one (1)
14 days (2 weeks)
B. IND, MAT, IPA, IPS, AND SBK
INDONESIAN LANGUAGE SUBJECTS
The ALLOCATION of TIME: 16 JP @ 2 JP
THE MEETING I
I.BASIC COMPETENCY STANDARDS
·         LISTEN TO THE
Understands language,command, and tales of dilisankan
·         TALK
Express thoughts,feeling, and information, orally with introductions and admonished the sapa, the introduction of objects and functionsbody members, and elocution  
II.BASIC COMPETENCE
Mentionthe characters in the story
Execute something according to commands or simple instructions
III.INDICATORS
Studentscan mention the characters in the story “in school” after the teacher recite
Students can menceritkan its activities at the beginning of the school to a friend sebangkunya with simple sentences
IV.LEARNING STEP
1st meeting
·   INITIAL ACTIVITIES (APERSEPSI)
1.      Common prayer and say a salutation (if early learning)
2.      Students get acquainted with the classroom teacher
3.      Students sing while the applause and clattering feet singing “I’m a kapiten”
·   THE CORE ACTIVITIES (PROVISION OF INFORMATION AND THE PARTICIPATION OF STUDENTS)
1.      Students listen to the story “in school”
2.      Students answer questions from teachers about the story
3.      Students listen to activity “didi and his friend” during the new school
·   END ACTIVITY
1.      Studentsasked to narrating its activity for the school to a friend sebangkunya.
Cat: during the process of guiding teacher of students who had trouble judging the learning process and teacher of each child
V.SOURCES AND MEDIA
Source
Media
:
:
Department Of National Education. (2006). Tehachapi (KTSP) Indonesia Language subjects to the SD. Jakarta.
Karli, Hilda, et al.(2007). Thematic Book Guide workbook 1A and Thematic forIndonesia Language chapter 1A. Erlangga Jakarta:
Tools and objects around
VI.APPROACH AND METHOD OF
The Approach
Method
:
:
Thematic
Play, discussion group
VI.ASSESSMENT OF
1.            Judgment orally (storytelling)
“TELL ME”
The value of 9
The value 8
The value 7
The value 6
The value 5
:
:
:
:

:
Do relate something in his mind with a sentence that clearly and understandably
Do relate something in his mind with sentences that are less clear and understood
Do relate something in his mind withsentence is clear and not understood
Do relate something in his mind with the sentence it is not clear which is clear and not understood
Don’t want to do relate something anything
2.      Observations (attitudes and behavior)
“SELF-RELIANCE”
The value of 9
The value 8
The value 7
The value 6
The value 5
:
:
:
:
:
Work on all tasks according to the teacher without the help of outside parties
Working on some tasks according to the teacher without the help of outside parties
Do all the tasks in accordancecommand guru with the help of outside parties
Work on all tasks according to the teacher when there are repeated commands of guru
Don’t want to work on all tasks according to the teacher
Banyuasin,
                     
Knowing,
Head Of School
____________________
A Classroom Teacher,
____________________
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s