Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. |
- Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.
|
- identitas diri , keluarga, dan kerabat.
|
- Mengenal nama lengkap dan nama panggilan
- Menyebutkan nama lengkap orang tua
- Menunjukkan alamat tempat tinggal
- Menyebutkan jumlah anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah
|
- Menyebutkan nama lengkap dan panggilan besreta usia.
- Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
- Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
|
Lisan
Tertulis |
3 minggu |
Buku Tematik
Pengembangan
Guru |
2. IPA :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. |
- Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
|
- bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
|
- Menyebutkan bagian-bagian tubuh manusia
- Menjelaskan kegunaan dan bagian-bagian tubuh manusia
- Menjelaskan cara merawat bagian-bagian tubuh kita
|
- Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
- Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
- Menunjukkan cara merewat tubuh.
- Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
|
Lisan
|
|
|
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. |
- Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
|
- hidup rukun dalam perbedaan.
|
- Mengidentifikasi jenis kelamin
- Menyebutkan perbedaan jenis kelamin
|
- Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
- Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
- Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
|
Portofolio |
|
|
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. |
- Membilang banyak benda .
- Mengurutkan banyak benda
|
|
- Mengenali angka
- Menghitung banyak benda
- Mengenal lambang bilangan
- Membaca lambang bilangan
- Menulis nama bilangan
|
- Menyebutkan banyak benda.
- Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
- Membaca dan menulis lambing bilangan.
- Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
- Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
- Membilang loncat 2, 3, dan 4
|
Lisan
Tertulis |
|
|
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
- Membedakan bunyi bahasa.
- Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
- Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
- Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
|
- Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
- Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
- Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
|
- Menyebutkan data diri dengan kalimat sederhana
- Menyebutkan nama lengkap orang tua
- Menyebutkan nama lengkap saudara kandung
- Menjiplak gambar
- Menjiplak huruf
- Menebalkan gambar
- Menebalkan huruf
|
- Mencocokkan gambar dengan informasi.
- Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
- Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
- Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
- Menyebutkan warbna, bentuk dan permukaan benda.
- Menyebutkan nama anggota
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan |
|
|
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
Mengapresiasi karya seni rupa.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. |
- Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
- Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..
|
- Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
- Membuat karya kerajinan .
|
- unsur rupa pada benda alam sekitar.
- diri melalui teknik menggunting / menyobek..
|
- Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
- Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery ) |
|
|
|