MEDIA PEMBELAJARAN PAI: RPP_Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan


MEDIA PEMBELAJARAN PAI: RPP_Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

 

RPP_Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                       :   SDN ANTAH BERANTAH
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester           :   Vl (Enam)/(Satu)
Standar Kompetesi     :   1.     Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan  sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar      :   1.1   Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)
Alokasi Waktu           :   8 x 35 menit (4 x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
§         Siswa dapat memahami sejarah dan peralatan tennis meja.
§         Siswa dapat  melakuakn latihandasar tennis meja.
§         Siswa dapat bermain tennis meja dengan control dan koordinasi yang baik.
v     Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B.    Materi Pembelajaran
§         Sejarah dan alat tennis meja.
§         Latihan dasar tennis meja.
§         Cara bermain dengan peraturan sederhana.
C.    Metode Pembelajaran.
§         Ceramah,demontrasi,penugasan,latihan dan Tanya jawab.
D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F     Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
  • Kegiatan Inti:
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     penjelasan pengertian dan sejarah tennis meja
F     pengenalan alat tennis meja
F     melakukan latihan dasar tenis meja.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
FGuru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F     pendinginan, evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas, baris, doa dan pasukan dibubarkan.
Pertemuan ll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F     Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
  • Kegiatan Inti:
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     memantul-mantulkan bola dengan dimodifikasi
F     mendemontrasikan sikap sedia yang benar.
F     melakukan gerakan servis denagn tehnik yang benar.
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
FGuru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F     pendinginan, evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas, baris, doa dan pasukan dibubarkan.
Pertemuan lll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F     Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
  • Kegiatan Inti:
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     mengulangi gerakan servis yang dimodifikasi.
F     melakukan gerakan menerima bola servis.
F     melakuakn gerakan smash denagn tehnik yang benar.
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
FGuru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Fpendinginan, evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas, baris, doa dan pasukandibubarkan.
Pertemuan  Vl
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F     Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
  • Kegiatan Inti:
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     bermain tennis meja  dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi.
F     melakuakn penilaian
Fmelibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
FGuru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Fpendinginan, evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas, baris, doa dan pasukandibubarkan.
E.     Sumber Belajar
§         Buku Penjasorkes kls Vl, hal 2-3
§         Buku referensi tennis meja
F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Pembagian pemain   berdasarkan kelompok
·   Sejarah tennis meja 
·     Melakukan gerakan: -cara memegang bad
·   Memantul-mantulkan bola dengan control dan koordinasi yang baik.
·   Bermain tennis meja dengan peraturan yang sederhana atau modifikasi
– test
(perorangan)
– Test  Ketrampilan
Lakukan/peragakan gerakan :
1.  Memantul-memantulkan bola
2.  Memegang bad
3.  Posisi badan/siap sedia
4.  Memukul bola
5.  Menyemash/smash
6.  Service bola
(Dengan kontrol dan koodinasi yang baik)
§         Rubrik Penilaian
                                Unjuk kerja permainan tennis meja:      
   
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1.Cara pegang bad
2.Sikap siap sedia
3.Memantul-mantulkan bola
4.Melakukan servis
5.Menerima servis melakukan smash
6.Bermain tennis meja dengan peraturan sederhana dan  dimodifikasi.
 Jumlah       
 Jumlah skor minimal:
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
2.
3.
Pengetahuan
Praktek
Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1
LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                     
          Mengetahui                                                   …………, 20 …
Kepala Sekolah                                              Guru Mapel PJOK.
         …………………………….                                     ………………………..
NIP                                                               NIP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s