MEDIA PEMBELAJARAN PAI: SKRIPSI_UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PELAJARAN AL-QURAN HADITS DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS VIII MTS MASDARUL ULUM OGAN ILIR


MEDIA PEMBELAJARAN PAI: SKRIPSI_UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PELAJARAN AL-QURAN HADITS DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS VIII MTS MASDARUL ULUM OGAN ILIR.

Pemilik Blog Media Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)

 

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR
 PELAJARAN AL-QURAN HADITS DENGAN METODE DEMONSTRASI
DI KELAS VIII MTS MASDARUL ULUM OGAN ILIR
Oleh :
S u k m a w a t i
NIM:  0803393
SKRIPSI
Diajukan kepada Program Kualifikasi S1
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang
Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh
Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd. I)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG
2010  

ABSTRAK
          Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada mata pelajaran PAI memiliki kepentingan tersendiri dalam kaitannya dengan tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di tingkat Madrasah Tsanawiyah (Sekolah Menengah Pertama), yaitu agar peserta didik gemar membaca A-Qur’an dan Hadits dengan benar, serta mempelajarinya, memahami, meyakini kebenarannya, dan mengamalkan ajaran-ajaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh aspek kehidupannya. Sehubungan dengan hal tersebut fungsi guru sebagai inisiator (penggagas) ide-ide, gagasan dan terobosan akan sangat membantu peningkatan kemampuan dan keprofesionalan guru itu sendiri di satu sisi, dan di sisi lain pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan pula hasil belajar siswanya. Untuk meningkatkan hasil belajar dimaksud guru harus menggunakan metode yang selektif, efektif dan efisien supaya hasil yang diharapkan dapat maksimal.
            Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, tindakan yang dimunculkan pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di kelas VIII MTs Masdarul Ulum Ogan Ilir adalah uoaya peningkatan hasil belajar pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode demonstrasi. Setelah melalui dua siklus, diperoleh hasil bahwa Metode Demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VIII MTs Masdarul Ulum Ogan Ilir.
Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits, setelah diadakan perbaikan pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai 75 ke atas mencapai 16 siswa atau 68,80%, dengan prosentase keaktifan siswa 76,19%,dan setelah diadakan perbaikan pada siklus II jumlah siswa yang mendapat nilai 70 ke atas meningkat menjadi 21 siswa atau 100% dengan prosentase keaktifan siswa 90,47%. Dengan demikian target yang diinginkan sudah tercapai dan prestasi belajar siswa sudah memuaskan.
Kata Kunci: Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Metode Demonstrasi
Motto:
Tanamkan kebiasaan membaca,
sematkan Asma Tuhan-Mu Yang Mulia saat
akan, sedang, dan telah selesai membaca.
Jadilah hamba-Nya yang mengerti
dari apa ia berasal dan kemana
ia akan berlabuh.
Berkaryalah untuk sebuah hasil yang bermanfaat,
bagi pribadi, dan orang-orang di sekelilingmu,
mudah-mudahan engkau menjadi kenangan baik
di lisan generasi mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s