RP_PAI_KLS6-1_Pert1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 6 SD

e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog: wahyonosaputro’s blog@wordpress.com

http://wahyono-saputro.blogspot.com/

 

Mata Pelajaran                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Kelas/ Semester                  : VI / I

Alokasi Waktu                      : 3 x 35 menit

Pertemuan Ke                     : 1

Standar Kompetensi          :

Al-Qur’an

1.   Mengartikan al-Qur’an surah-surah pendek pilihan

Kompetensi Dasar                :

1. 1. Membaca QS. al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5.

Indikator:   

  • Melafalkan dengan fasih QS al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5
  • Menuliskan dengan baik dan benar QS al-Qadr dan al-Alaq 1-5
  • Mendemonstrasikan bacaan QS al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5
  • I.               Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat membaca QS. al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5.

            II.              Materi Pokok:

QS. al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5.

SURAT 97. AL QADR

Terjemahan

Text Qur’an

Ayat

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

1

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

2

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

3

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ

 رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ

4

Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

5

SURAT 96. AL ‘ALAQ

Terjemahan

Text Qur’an

Ayat

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

1

Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ

2

Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,

اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ

3

Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam.

الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ

4

Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

5

III.            Metode:

  • Drill, demonstrasi  dan penugasan

IV.            Langkah-langkah Pembelajaran:

                Kegiatan Awal ( 5 menit )

  • Salam dan do’a
  • Guru melakukan appersepsi

Kegiatan Inti ( 25 menit )

  • Menirukan lafal al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5
  • Menyalin dengan baik dan benar QS. al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5.
  • Berkompetensi membaca QS. al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5.

Kegiatan Penutup ( 5 menit )

  • Guru memberikan kesimpulan hasil belajar
  • Siswa secara klasikal mengulang-ulang bacaan QS. al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdallah

V.             Alat dan Sumber Belajar:

  • buku teks (Saya ingin menjadi anak saleh_Kelas VI, Jakarta: Grafindo, 2008), Hal
  • Media Audio-visual (MP3)bacaan ayat-ayat pendek.
  • Hadits Web versi 3.0
  • Juz Amma

 VI.            Penilaian:           

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

KKM

  • Melafalkan dengan fasih QS al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5
  • Menuliskan dengan baik dan benar QS al-Qadr dan al-Alaq 1-5
  • Mendemonstrasikan bacaan QS al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5

Tes  dan nontes

Tes Tulis dan Unjuk penampilan.

  1. Lafalkan surah  al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5
  2. Tuliskan dengan baik dan benar QS al-Qadr dan al-Alaq 1-5
  3. Mendemonstrasikan bacaan QS al-Qadr dan al-Alaq ayat 1-5

 

70

KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masin

 

Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)

No

Aspek

Skor

1

Kelancaran

  1. Lancar
  2. kurang lancar
  3. tidak lancar

5

3

1

2

Adab membaca

  1. berani
  2. Malu-malu

3

1

 

No.

Nama Siswa

Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *

Nilai

0-69

70-100

1. belum tuntas

2. tuntas

  • *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
  • *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.

…………..,                  2011

Mengetahui,

Kepala                                                                                               Guru PAI

(Fulan Bin Fulan, S.Pd)                                                      ( Laly Binti Raeling, S.Pd.I )

NIP.                                                                                                   NIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s