RP_PAI_1SD-SMS1_Pert1-2


Mata Pelajaran                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Kelas/ Semester                       : 1 / I

Alokasi Waktu                          : 3 x 35 menit

Pertemuan Ke                           : 1

Standar Kompetensi            :

Al-Qur’an

1.   Menghafal Al-Qur’an surah pendek pilihan

Kompetensi Dasar                :

1. 1. Melafalkan QS. al-Fatihah dengan lancar.

Indikator:   

Melafalkan QS. al-Fatihah dengan lancar.

I.               Tujuan Pembelajaran:

  •       Siswa dapat melafalkan QS al-Fatihah dengan lancar

 II.            Materi Pokok:

  • Surah QS Al-Fatihah Ayat 1-7
  • Al-Fatihah wajib dibaca saat shalat

Terjemahan

Text Qur’an

Ayat

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

1

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

2

Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,

الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

3

Yang menguasai hari pembalasan.

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

4

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

5

Tunjukilah kami jalan yang lurus,

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

6

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ  غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

7

III.            Metode:

  • Drill dan penugasan
  • IV.            Langkah-langkah Pembelajaran:

         Kegiatan Awal ( 5 menit )

  • Salam dan do’a
  • Guru melakukan appersepsi

Kegiatan Inti ( 25 menit )

  • Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
  • 1. Guru melafalkan bacaan  QS. Al-Fatihah / 1 Ayat 1-4 dengan suara jelas dan sesuai tajwid secara berulang [3 kali].
  • 2. Siswa mendengar dengan seksama kemudian mengulang pelafalan QS. Al-Fatihah/1 ayat 1-4 secara klasikal
  • 3. Guru menunjuk seorang murid untuk melafalkan QS. Al-Fatihah/1 ayat 1-4 [dilakukan perindividu dan dicobakan pada beberapa siswa lain]
  • Guru memperbaiki pelafalan hafalan siswa yang kurang tepat.
  • Selanjutnya guru mengulangi kembali langkah 1-3 untuk pelafalan QS Al-Fatihah ayat 4-7.

       Kegiatan Penutup ( 5 menit )

  • Guru  memberikan kesimpulan hasil belajar
  • Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
  • Guru menugaskan siswa melafalkan surah Al-Fatihah / 1 Ayat 1-7 di rumah masing-masing

V.             Alat dan Sumber Belajar:

  • Media Audio-visual (MP3)bacaan ayat-ayat pendek.
  • buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM  saleh_Kelas 1, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2.

 VI.            Penilaian: 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

KKM

  • Melafalkan QS. al-Fatihah dengan lancar

lisan.

Unjuk penampilan.

  1. Lafalkan surah QS. al-Fatihah dengan lancar

70

KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing

 Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)

No

Aspek

Skor

1

Kelancaran

  1. Lancar
  2. kurang lancar
  3. tidak lancar

5

3

1

2

Adab membaca

  1. berani
  2. Malu-malu

3

1

Mengubah skor menjadi nilai siswa

Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor

Skor=                                                                                                 X100%

Jumlah skor total

90-100 = Amat Baik71-89 = Baik70= Cukup0-69 = Kurang


No.

Nama Siswa

Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *

Nilai

0-69

70-100

1. belum tuntas

2. tuntas

  • *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
  • *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.

Banyuasin,            2011

Mengetahui,

Kepala SDN                                                                         Guru PAI

(Hidirman, S.Pd)                                                         ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )

NIP.196412121989061001                                          NIP. 19751227 200902 1 002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SD

e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog: wahyonosaputro’s blog@wordpress.com

http://wahyono-saputro.blogspot.com/

 

Mata Pelajaran           : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Kelas/ Semester         : 1 / I

Alokasi Waktu            : 3 x 35 menit

Pertemuan Ke            : 2

Standar Kompetensi

Al-Qur’an

1.   Membaca surah-surah Al-Qur’an

Kompetensi Dasar

1. 2. Menghafal QS. Al-Fatihah dengan lancar

Indikator

Menghafal QS. Al-Fatihah dengan lancar.

Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Fatihah.

  1. I.       Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menghafal QS. Al-Fatihah dengan lancar.

II.    Materi Pokok

  • o QS. Al-Fatihah

Terjemahan

Text Qur’an

Ayat

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

1

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

2

Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,

الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

3

Yang menguasai hari pembalasan.

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

4

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

5

Tunjukilah kami jalan yang lurus,

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

6

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ  غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

7

           III. Metode

  • Drill dan penugasan    
  • IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

         Kegiatan Awal ( 5 menit )

  • Salam dan do’a
  • Guru melakukan appersepsi

Kegiatan Inti ( 25 menit )

  • Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
  • 1. Guru melafalkan hafalan bacaan  QS. Al-Fatihah / 1 Ayat 1-4 dengan suara jelas dan sesuai tajwid secara berulang [3 kali].
  • 2. Siswa mendengar dengan seksama kemudian mengulang pelafalan hafalan QS. Al-Fatihah/1 ayat 1-4 secara klasikal
  • 3. Guru menunjuk seorang siswa untuk menampilkan hafalan QS. Al-Fatihah/1 ayat 1-4 [dilakukan perindividu dan dicobakan pada beberapa siswa lain]
  • Guru memperbaiki pelafalan hafalan siswa yang kurang tepat.
  • Selanjutnya guru mengulangi kembali langkah 1-3 untuk penghafalan QS Al-Fatihah ayat 4-7.

       Kegiatan Penutup ( 5 menit )

  • Guru  memberikan kesimpulan hasil belajar
  • Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
  • Guru menugaskan siswa menghafal surah Al-Fatihah / 1 Ayat 1-7 di rumah masing-masing
  • V.     Alat dan Sumber Belajar:
  • Media Audio-visual (MP3)bacaan ayat-ayat pendek As-Sudais.
  • buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM  saleh_Kelas 1, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal. 3-4

           VI.  Penilaian:         

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

KKM

  • Menghafal QS. Al-Fatihah dengan lancar.

lisan.

Unjuk penampilan.

  1. Hafalkan QS. Al-Fatihah dengan lancar.

 

70

KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing

            Format penilaian hafalan siswa (psikomotorik)

No

Aspek

Skor

1

Kelancaran

  1. Lancar
  2. kurang lancar
  3. tidak lancar

5

3

1

2

Adab membaca

  1. berani
  2. Malu-malu

3

1

 

 

 

 

 

 

 

Mengubah skor menjadi nilai siswa

Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor

Skor=                                                                                                                                         X100%

Jumlah skor total

90-100 = Amat Baik

71-89 = Baik

70= Cukup

0-69 = Kurang


No.

Nama Siswa

Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *

Nilai

0-69

70-100

1. belum tuntas

2. tuntas

  • *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
  • *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.

Banyuasin,               2011

Mengetahui,

Kepala                                                                                    Guru PAI

(Hidirman, S.Pd)                                                          ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )

NIP.196412121989061001                                         NIP. 19751227 200902 1 002

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s