RP_PAI3_SMS1_Pert-1


 Reff: O ow, kamu ketahuan, ngunduhin aku,….[joke]

Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester : 3 / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke : 1

Standar Kompetensi     :

Al-Qur’an

1.   Mengenal Kalimat dalam Al-Qur’an

Kompetensi Dasar            :

1. 1. Membaca Kalimat dalam Al-Qur’an.

Indikator:   

Melafalkan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar

Mendemonstrasikan lafal kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang benar.

I.              Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat membaca Kalimat Al-Qur’an dengan makhraj yang baik dan benar

 II.           Materi Pokok:

 

 

III.         Metode:

  • Drill, demonstrasi dan penugasan

IV.         Langkah-langkah Pembelajaran:

        Kegiatan Awal ( 5 menit )

  • Salam dan do’a
  • Guru melakukan appersepsi

Kegiatan Inti ( 25 menit )

  • Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
  • 1. Guru melafalkan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar secara berulang [3 kali].
  • 2. Siswa mendengar dengan seksama kemudian mengulang pelafalan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar secara klasikal
  • 3. Guru menunjuk seorang siswa untuk melafalkan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar   [dilakukan perindividu dan dicobakan pada beberapa siswa lain]
  • Guru memperbaiki pelafalan hafalan siswa yang kurang tepat.
  • Siswa menuliskan kalimat Al-Qur’an dengan harakat  yang baik dan benar.
  • Guru memperhatikan cara menulis siswa serta memberikan penjelasan cara menulis huruf berbahasa Arab, yaitu dimulai dari sebelah kanan ke kiri

        Kegiatan Penutup ( 5 menit )

  • Siswa secara perseorangan  mendemonstrasikan bacaan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar di sepan kelas.
  • Guru memberikan penguatan atau menyimpulkan materi
  • Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca Hamdallah.

V.           Alat dan Sumber Belajar:

  • Media Audio-visual
  • Buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 3, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2-3.
  • IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 3

 VI.         Penilaian:            

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

KKM

  • Melafalkan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar
  • Mendemonstrasikan lafal kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang benar.
Lisan.

Unjuk penampilan.

  1. Lafalkan kalimat Al-Qur’an berikut dengan harakat dan makhraj yang benar!.

وَالْعَصْرِ

خُسْرٍ

الصَّمَدُ

أَحَدٌ

ضَبْحًا

يُؤْمِنُونَ

أُولَئِكَ

يَسْأَلُونَكَ

  1. Demonstrasikan di depan kelas lafal kalimat Al-Qur’an berikut dengan harakat dan makhraj yang benar!

لَيْلَةُ الْقَدْرِ

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ

 

70

KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing

 

Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)

No

Aspek

Skor

1

Kelancaran

  1. Lancar
  2. kurang lancar
  3. tidak lancar

5

3

1

2

Adab membaca

  1. berani
  2. Malu-malu

3

1

 

Mengubah skor menjadi nilai siswa

Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor

Skor=                                                                                                X100%

Jumlah skor total

90-100 = Amat Baik71-89 = Baik

70= Cukup

0-69 = Kurang


No.

Nama Siswa

Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *

Nilai

0-69

70-100

1. belum tuntas

2. tuntas

  • *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
  • *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.
………………………….,            2011  
Mengetahui,Kepala Guru PAI
(Fulan Bin Fulan, S.Pd)

NIP.



( Laly Binti Raeling, S.Pd.I )

NIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s