RPP-Pendidikan Agama Islam[PAI]2SD-SMS1-Pert1


Mata Pelajaran                 : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester               : 2 / I
Alokasi Waktu                  : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke                   : 1
Standar Kompetensi     :
Al-Qur’an
1.   Menghafal Al-Qur’an
Kompetensi Dasar            :
1. 1. Mengenal huruf hijaiyah.
Indikator:   
Melafalkan 29 huruf Hijaiyah
Menuliskan 29 huruf Hijaiyah.
I.              Tujuan Pembelajaran:
·   Siswa dapat melafalkan dan menuliskan 29 huruf Hijaiyah
II.           Materi Pokok:

III.         Metode:
§   Drill dan penugasan
IV.         Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam dan do’a
·         Guru melakukan appersepsi
        Kegiatan Inti ( 25 menit )
·         Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
·         1. Guru melafalkan 29 huruf Hijaiyah dengan suara jelas dan perlahan secara berulang [3 kali].
·         2. Siswa mendengar dengan seksama kemudian mengulang pelafalan 29 huruf Hijaiyah dengan suara jelas dan perlahan secara    klasikal
·         3. Guru menunjuk seorang siswa untuk melafalkan29 huruf Hijaiyah dengan suara jelas dan perlahan  [dilakukan perindividu dan dicobakan pada beberapa siswa lain]
·         Guru memperbaiki pelafalan hafalan siswa yang kurang tepat.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Guru  memberikan kesimpulan hasil belajar
·         Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
·         Guru menugaskan siswa melafalkan 29 huruf Hijaiyah di rumah masing-masing dengan bimbingan orangtua.
V.           Alat dan Sumber Belajar:
§   Media Audio-visual
§   buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 2, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2.
§   IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 1
VI.         Penilaian:
                       
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
o  Melafalkan 29 huruf Hijaiyah
o  Menuliskan 29 huruf Hijaiyah
Lisan.
Dan
Tertulis
Unjuk penampilan.
Essey
1.   Lafalkan 29 huruf Hijaiyah!
2.   Tuliskan 29 huruf Hijaiyah!
70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing
Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)
No
Aspek
Skor
1
Kelancaran
a.        Lancar
b.        kurang lancar
c.        tidak lancar
5
3
1
2
Adab membaca
a.        berani
b.        Malu-malu
3
1
Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai
Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                                X100%
Jumlah skor total
90-100 = Amat Baik
71-89 = Baik
70= Cukup
0-69 = Kurang
No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100
1. belum tuntas
2. tuntas
§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.
                                                                                                Banyuasin,            2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                  Guru PAI
(Hidirman, S.Pd)                                                        ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                        NIP. 19751227 200902 1 002

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s