RP-BINGGRIS5-SMS1-Listening1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     

 BAHASA INGGRIS KELAS 5 SD

e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog wahyonosaputro’s blog@wordpress.com

 

Sekolah : SDN 10 Tungkal Ilir
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : V/I
Alokasi Waktu : 1 JP [2 x 35 menit]

                       

Pertemuan Ke        : 1

Standar Kompetensi :

Mendengarkan [listening]

1.   Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.

Kompetensi Dasar :

1.1. Merespons instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah.

Indikator:  

  • Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.

I.      Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.

 

Karakter siswa yang diharapkan :

Dapat dipercaya (Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian (Respect)

Tekun (Diligence)

Tanggung jawab (Responsibility)

Berani (Courage)

 II.    Materi Pokok:

Listen and put a tick (v) to the correct time [hlm. 9].

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

III. Metode:

Drill, tanya jawab dan penugasan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:

                Kegiatan Awal

Salam dan do’a

Guru melakukan appersepsi dan motivasi.

Guru mengawali pelajaran dengan membahas meteri pokok dalam bab yang sedang dipelajari.

 

Kegiatan Inti

Siswa diminta mendengar instruksi guru atau dari kaset/CD/DVD dan merespon dengan cara memberikan tanda centang [v] pada option pilihan yang benar dari setiap soal secara klasikal [Fase eksplorasi] (hlm. 9).

Setelah instruksi selesai, siswa  segera mencentang option pilihan yang benar dari setiap soal dengan bantuan gambar yang telah tersedia (waktu untuk melengkapi kalimat persoal adalah 10 detik-sesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap unit- [Fase elaborasi].

Guru melakukan  fase eksplorasi tersebut hingga tuntas sampai ke akhir soal yang terakhir.

Guru meminta hasil pekerjaan siswa, dilanjutkan dengan mengoreksi dengan cermat

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. [Fase konfirmasi].

 

Kegiatan Penutup

Guru mengumumkan prestasi pekerjaan siswa.

Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau good pada siswa yang nilainya melampaui KKM agar mereka termotivasi, sedangkan bagi yang belum mencapai KKM terus dimotivasi dan dilakukan remedial.

 

V.     Alat dan Sumber Belajar:

Contoh gambar

Kaset, CD/DVD

Buku teks

Buku paket Speed Up ENGLISH 5, kelas 5 SD, (Jakarta: Yudhistira, 2006).

 

 VI.  Penilaian:

            Unjuk kerja

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Tek

nik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

KKM*

  • Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.

 

Tes unjuk kerja dan tulis.

Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

70

KKM dise

suaikan dengan unit sekolah masing-masing

 

LEMBAR Penskoran Aspek

No

Aspek

Skor

1

Kelancaran

  1. Lancar
  2. kurang lancar
  3. tidak lancar
 

5

3

1

2

keberanian

  1. berani
  2. Malu-malu

3

1

LEMBAR Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Jumlah

Skor

Nilai

Kelancaran

keberanian

1

Melyana Rainy

5

3

8

100

2

         

3

         

4

         

5

         

6

         

7

         

8

         

9

         

10

         

11

         

12

         

13

         

14

         

15

         

16

         

17

         

18

         

19

         

20

         

 

Mengubah skor menjadi nilai siswa

Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor

Skor=                                                                          X100%

Jumlah skor total

 

5         (100)        = Amat Baik

4           (80)        = Baik

1-3   (20-60)        = Kurang

 

LEMBAR Ketuntasan Siswa

No

Nama Siswa

Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *

70

1. belum tuntas

2. tuntas

0-69

70-100

1 Qurrota A’yun

2  

3  

4  

5  

6  

7  

8  

9  

10  

11  

12  

13  

14  

15  

16  

17  

18  

19  

20  

Jumlah

 

 

  …………………..,        2011

 

Mengetahui,

Kepala

Guru B.Inggris
 

 

 

(Fulan Bin Fulan, S.Pd)

NIP.

 

 

 

( Laly Binti Raeling, S.Pd.I )

NIP.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s