INDRA PERASA


 

Beberapa penelitian fisiologi moderen menerangkan bahwa pada kulit manusia terdapat sel-sel perasa yang banyak dan berbeda-beda bentuknya. Sel-sel tersebut khusus untuk menerima berbagai macam rasa tertentu. Sebagiannya merasakan panas, sebagian lain merasakan dingin, sebagian merasakan sentuhan dan tekanan, dan sebagiannya merasakan sakit. Al-Qur’an telah mengisyaratkan keberadaan anggota tubuh perasa yang khusus merasakan sakit pada kulit manusia. Hal ini tersebut pada firman Allah SWT :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآَيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا (56)

Artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan kami ganti kulit mereka dengan kulit lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” QS. An-Nisa’ [4] : 56

 

Ayat tersebut menunjukkan keberadaan sel-sel perasa yang khusus untuk merasakan sakit pada kulit, sebagaimana dijelaskan oleh beberapa penelitian moderen. Apabila kulit terbakar dan sel-sel tersebut hilang, hilanglah rasa pada kulit itu. Oleh karena itu Allah SWT.  Mengganti sel kulit orang-orang yang kafir itu dengan kulit yang baru pula agar rasa sakit mereka itu berkelanjutan.

Al-Qur’an juga mengisyaratkan indera peraba sebagai alat yang akan membantu manusia untuk merasakan dan mengenal  sesuatu.

وَلَوْ نَزَّلْنَا عَلَيْكَ كِتَابًا فِي قِرْطَاسٍ فَلَمَسُوهُ بِأَيْدِيهِمْ لَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا إِنْ هَذَا إِلَّا سِحْرٌ مُبِينٌ (7)

Artinya :

“Dan sekiranya Kami turunkan kepadamu kitab dalam kertas, lalu mereka dapat memegangnya dengan tangan mereka, niscaya berkatalah orang-orang yang kafir itu, “Tiada lain ini hanyalah sihir yang nyata.” QS. Al-An’am [6] : 7.

 

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s