RP-B-ARAB-MI-6-SMS1-Pert1-2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : MI
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VI/(satu)
Materi Pokok : Istima’ tentang

الساعة، الأفعال اليومية dengan menggunakan 20 mufradat baru

Pertemuan  : 1 dan 2 (4 x 35)
Metode pembelajaran : Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.
Standar Kompetensi : 1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang kegiatan sehari-hari.

Kompetensi dasar             : 1.1    Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang  الساعة، الأفعال اليومية

1.2    Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang   الساعة، الأفعال اليومية

Alokasi waktu :  2 x 40

Langkah-langkah Pembelajaran     :

a.  Kegiatan Awal/Orientasi

¨      Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa

¨      Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi (nama, alamat, asal sekolah, dll)

¨      Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan                                       الساعة، الأفعال اليومية

b.  Kegiatan Inti

  • Siswa menyimak hiwar/teks lisan

tentang الساعة، الأفعال اليومية yang disampaikan guru melalui kaset, VCD/DVD, atau suara guru langsung.

  • Siswa mendemonstrasikan الساعة، الأفعال اليومية sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru.
  • Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.
  • Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.

 

c.  Kegiatan Akhir

  • Siswa menjawab pertanayaan guru tentang :
    • Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya.
  • Makna kata, frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
  • Ragam فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
  • Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.

Alat/Bahan/Sumber :

  • Buku paket, perangkat pembelajaran  طا رق  , linguaphone, kamus, majalah, komik, Koran, kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.

Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

  • Membedakan perubahan bentuk Fi’il Mudhari’
  • Menyebutkan kosakata baru yang didengar
  • Mencocokkan gambar dengan ujaran sesuai kontek Menerjemahkan kalimat- kalimat yang didengar
  • Menentukan tema konteks yang didengar
  • Mencatat isi pokok/ hal penting dari teks yang didengar s

Lisan

Lisan

Uraian

Uraian

اذهب إلى المدرسة

في الساعة السابعة

أرجع من المدرسة في الساعة الواحدة

ماذا تريد؟ ماذا تعمل؟

 

Mengetahui                                                  ………., ………………20……

Kepala MI……………..                                Guru Mata Pelajaran BA,


 _________________                        _________________

  NIP.                                                                NIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s