RP-B.ARAB-MI-6-SMS1-Pert3-4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : MI
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VI/(satu)
Materi Pokok : Kalam tentang

الساعة، الأفعال اليومية dengan menggunakan 20 mufradat baru

Pertemuan  : 3 dan 4 (8 x 35)
Metode pembelajaran : Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.
Standar Kompetensi : 2. Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang kegiatan sehari-hari.

Kompetensi dasar             : 2.1       Melakukan dialog sederhana tentang     الساعة، الأفعال اليومية

2.2       Menyampaikan informasi secara lisan dalam   kalimat sederhana  tentang

الساعة، الأفعال اليومية

Alokasi waktu :  2 x 40

Langkah-langkah Pembelajaran     :

a.  Kegiatan Awal/Orientasi

¨      Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa

¨      Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi (nama, alamat, asal sekolah, dll)

¨      Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan                  الساعة، الأفعال اليومية

 

b.  Kegiatan Inti

  • Siswa berbicara hiwar/teks lisan tentang الساعة، الأفعال اليومية yang disampaikan guru melalui kaset, VCD/DVD, atau suara guru langsung.
  • Siswa mendemonstrasikan الساعة، الأفعال اليومية sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru.
  • Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.
  • Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.

 

c.  Kegiatan Akhir

  • Siswa menjawab pertanayaan guru tentang :
    • Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya.
  • Makna kata, frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
  • Ragam فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
  • Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.

 

Alat/Bahan/Sumber :

  • Buku paket, perangkat pembelajaran  طا رق  , linguaphone, kamus, majalah, komik, Koran, kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.

Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

  • Melafalkan kata, kalimat dengan intonasi yang tepat
  • Menerjemahkan teks percakapan dalam Bahasa Indonesia
  • Mengajukan pertanyaan dengan lafal dan intonasi yang tepat Memberikan jawaban dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Melakukan percakapan sederhana dengan intonasi yang tepat
  • Menentukan pokok isi percakapan

Lisan

Lisan

Uraian

Uraian

س : كم الساعة الآن

ج : الآن الساعة الثانية عشرة تماما

س : كم الساعة نرجع من المدرسة؟

ج : نرجع من المدرسة في الساعة الواحدة

س : متى تلعب مع أصحابك؟

ج: ألعب مع أصحابي في الساعة الرابعة مساء

                                    Mengetahui                                                                             ………., ………………20……

                                    Kepala MI……………..                                                          Guru Mata Pelajaran BA,

 

 

                                    _________________                                                      _________________

                                    NIP.                                                                                              NIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s