RP-B-ARAB-MI-6-SMS1-Pert5-6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : MI
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VI/(satu)
Materi Pokok : Qira’ah tentang

الساعة، الأفعال اليومية dengan menggunakan 20 mufradat baru

Pertemuan  : 5 dan 6 (4 x 35)
Metode pembelajaran : Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.
Standar Kompetensi : 2. Membaca

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang kegiatan sehari-hari.

Kompetensi dasar             : 3.1     Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang   الساعة، الأفعال اليومية

3.2     Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang                         الساعة، الأفعال اليومية

Alokasi waktu :  2 x 40

Langkah-langkah Pembelajaran     :

a.  Kegiatan Awal/Orientasi

¨      Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa

¨      Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi (nama, alamat, asal sekolah, dll)

¨      Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan             الساعة، الأفعال اليومية

 

b.  Kegiatan Inti

  • Siswa berbicara hiwar/teks lisan

tentang الساعة، الأفعال اليومية yang disampaikan guru melalui kaset, VCD/DVD, atau suara guru langsung.

  • Siswa mendemonstrasikan الساعة، الأفعال اليومية sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru.
  • Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.
  • Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.

 

c.  Kegiatan Akhir

  • Siswa menjawab pertanayaan guru tentang :
    • Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya.
  • Makna kata, frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
  • Ragam فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
  • Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.

 

Alat/Bahan/Sumber :

  • Buku paket, perangkat pembelajaran  طا رق  , linguaphone, kamus, majalah, komik, Koran, kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.

Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

  • Melafalkan kata, kalimat dengan intonasi yang tepat

 

  • Menerjemahkan teks percakapan dalam Bahasa Indonesia

 

  • Mengajukan pertanyaan dengan lafal dan intonasi yang tepat

 

  • Memberikan jawaban dengan lafal dan intonasi yang tepat

 

  • Melakukan percakapan sederhana dengan intonasi yang tepat

 

  • Menentukan pokok isi percakapan

 

 

Lisan

Lisan

Uraian

Uraian

اسمي خالد

أقوم من النوم في الساعة الرابعة

أذهب إلى المسجد كل يوم في الساعة الرابعة

أقرأ القرآن في الساعة الخامسة

أقرأ الدرس في الساعة السادسة

 

 

                                    Mengetahui                                                  ………., ………………20……

                                    Kepala MI……………..                                Guru Mata Pelajaran BA,

 

 

 

 

                                    _________________                               _________________

                                    NIP.                                                                        NIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s