RP-Q&H-MI-6-SMS1-Bag-1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Sekolah                               : Madrasah Ibtidaiyah

Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits

Kelas / Semester          : VI ( Enam )  / 1  ( Ganjil)

Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit

 

A.           STANDAR KOMPETENSI

                 Menghafal surat pendek secara benar dan fasih

 B.          Kompetensi Dasar

1.1    Membaca surat ad-Duha secara benar dan fasih

 C.          MATERI PELAJARAN

  • Surat ad-Duha

 D.          METODE PEMBELAJARAN

  • Pemodelan
  • Penugasan

 E.           LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

MEDIA/

SUMBER

WAKTU

1.

PENDAHULUAN

 

10 menit

  • Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
  • Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat ad-Duha

 

Teknik pembagian kelompok

2.

KEGIATAN INTI

 

45 menit

  • Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat ad-Duha mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, dan tempat diturunkannya surat.
  • Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat ad-Duha yang dilakukan oleh guru
  • Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat ad-Duha dengan benar dan fasih
  • Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat ad-Duha
  • Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat ad-Duha secara acak.
  • Secara berkelompok siswa melafalkan surat ad-Duha dengan cara bergantian disemak oleh teman kelompoknya.
  • Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan surat ad-Duha dengan benar dan fasih.
Guru, slide, tape recorder

 

Instrumen kuis

 

Instrument kuis dan kartu ayat

 

Papan penilaian

 

 

Papan penilaian

3.

PENUTUP

 

5 menit

  • Guru mengulang kembali pelafalan surat al-‘Alaq ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
  • Mengadakan tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.

 

Instrumen tugas individu

 

 F.           MEDIA / SUMBER

  • Buku paket
  • Al-Qur’an
  • Kaset VCD al-Qur’an
  • Qori’

 

  • G.          PENILAIAN

Indikator Pencapaian Kompetensi

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

  • Melafalkan tiap ayat dari surat Ad-Duha
  • Membaca tiap ayat surat Ad-Duha
  • Membaca surat Ad-Duha secara keseluruhan

Tes lisan

Unjuk kerja

  • Sebutkan tiap ayat dari surat Ad-Duha!
Mengetahui,

Kepala Madrasah

 

 

 

…………………………………………

NIP.

  …………………… , ……………………….

Guru bidang studi Qur’an Hadits

 

 

 

…………………………………………

NIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s